Ini Cara Membuat Paspor Online Termudah

Hari ini, siapa yang tidak suka atau perlu bepergian? Yang namanya bepergian, pasti semua orang membutuhkannya. Mungkin Anda bisa mengatakan Anda penyendiri, geek, Anda tidak suka dunia luar, tetapi ketika saudara Anda menikah atau nenek Anda merindukan Anda saat lebaran, Anda pasti akan pergi juga. Apalagi jika Anda pergi ke luar negeri untuk berlibur. Sekarang, berbicara tentang pergi ke luar negeri, yang harus Anda pikirkan adalah tidak hanya memesan tiket pesawat murah. Membuat paspor juga sangat penting.

Cara membuat paspor online tidak serumit yang Anda bayangkan. Jika Anda masih bingung tentang cara membuat paspor online, berikut adalah beberapa cara termudah untuk membuat paspor online yang perlu Anda ketahui. Tapi pertama-tama, pastikan Anda memiliki semua persyaratan untuk membuat paspor yang telah Anda penuhi.

Cara termudah untuk membuat paspor online

1. Dapatkan antrian paspor online

Cara pertama untuk membuat paspor adalah, tentu saja, untuk mendapatkan paspor secara online. Cara mendapatkan antrian paspor hari ini tidak mengharuskan Anda membuat antrian panjang di kantor imigrasi.

Yang harus Anda lakukan adalah meminta nomor antrian melalui layanan Whatsapp dari kantor imigrasi yang Anda kunjungi. Jika Anda tidak tahu nomor Whatsapp dari kantor imigrasi, Anda dapat mencari di internet.

Selain menghubungi nomor layanan Whatsapp, Anda juga dapat menggunakan aplikasi paspor online. Dengan mengajukan nomor paspor online, Anda akan tahu kapan Anda perlu datang ke kantor imigrasi. Ingat, kuota paspor harian Anda terbatas, jadi Anda harus memilih tanggal yang tepat untuk datang ke kantor imigrasi, misalnya, satu minggu setelah Anda menerima nomor antrian paspor. Baca tips lainnya di https://how.co.id/

2. Siapkan persyaratan untuk membuat paspor

Ini adalah bagaimana paspor online kedua dibuat. Pastikan Anda telah menyiapkan persyaratan berikut untuk mengajukan paspor online sebelum datang ke kantor imigrasi:

Untuk warga negara Indonesia

– Kartu identitas penduduk (KTP) yang valid

– Kartu keluarga (KK)

– Akte kelahiran atau sertifikat pembaptisan

– Surat nikah atau kartu nikah, ijazah

– Sertifikat tempat tinggal jika Anda membuat paspor di luar rumah Anda.

Karena untuk anak-anak Indonesia yang tinggal di Indonesia, persyaratan untuk mengajukan paspor online adalah:

– Kartu identitas orang tua masih berlaku

– Kartu keluarga (KK)

– Akte kelahiran atau sertifikat pembaptisan

– Kartu parenting pernikahan atau akta nikah.

3. Datang ke Kantor Imigrasi

Setelah persyaratan siap, sekarang saatnya untuk datang ke kantor imigrasi untuk mengatur paspor Anda sesuai dengan program yang Anda pilih online.

Di kantor imigrasi, Anda harus mengisi formulir dan aplikasi untuk paspor online. Oh, ya, ingat bahwa Anda harus membawa dokumen persyaratan paspor asli ke titik 2 dan salinan fotokopi. Untuk melengkapi formulir, bawa alat tulis, terutama pena tinta hitam.

Di Kantor Imigrasi, Anda akan diminta untuk membuat paspor normal atau paspor elektronik. Paspor elektronik adalah paspor dengan data biometrik dari pemilik paspor, termasuk data biometrik wajah dan sidik jari untuk pemegang paspor.

Jangan lupa untuk meletakkan semua file di stopmap. Kemudian, setelah antrian, Anda akan dipanggil untuk foto dan wawancara paspor. Biasanya, petugas akan bertanya apa tujuan Anda membuat paspor. Setelah selesai, Anda akan difoto untuk paspor.

Sebagai persiapan sebelum foto paspor, pastikan Anda mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Kapan pun memungkinkan, hindari baju tanpa kerah atau pakaian tanpa lengan. Jangan mengenakan pakaian dengan garis leher rendah, terutama untuk wanita. Kemeja atau blazer yang sopan akan sangat cocok untuk dipilih sebagai pakaian untuk digunakan saat memotret paspor Anda.

4. Lakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran

Anda akan menerima tiket pembayaran untuk mentransfer biaya pembuatan paspor. Biaya pembuatan paspor berbeda antara paspor reguler dan paspor elektronik. Untuk paspor biasa, membayar RP355.000, – Anda bisa mendapatkan paspor untuk warga negara Indonesia dengan 48 halaman.

Tetapi untuk membuat paspor elektronik, Anda harus membayar biaya IDR 655.000 untuk paspor 48 halaman. Cara membayar bukan dengan uang tunai, tetapi Anda harus melakukan transfer ke akun imigrasi yang ditunjuk.

5. Periksa apakah paspor Anda siap untuk diambil

Setelah proses paspor selesai, paspor dapat diambil. Namun, Anda harus memverifikasi bahwa memang paspor Anda telah diproses dan siap untuk diambil.

Anda dapat memeriksa status paspor Anda melalui Whatsapp. Jika paspor Anda siap, Anda akan diberi tahu untuk datang dan mengambil paspor Anda. Yang penting adalah Anda harus rajin memeriksanya!

6. Dapatkan paspor

Jika status paspor Anda siap dan siap diambil, saatnya untuk mendapatkan paspor Anda. Dapatkan nomor paspor dari kantor imigrasi dan bawa saja paspor Anda untuk dibawa pulang. Tidak akan terlalu lama

Ini adalah cara termudah dan tercepat untuk membuat paspor online. Setelah membaca langkah-langkah di atas, ternyata kondisi dan cara membuat paspor online sebenarnya sangat mudah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*